Tuesday, May 20, 2014

Menghindari Dampak Buruk Smartphone

Segala sesuatu yang buruk dan tidak bermanfaat selayaknya kita tinggalkan agar kualitas hidup kita bertambah, termasuk juga daam memanfaatkan smartphone dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kalau kita memanfaatkan secara berlebihan smartphone, kita bisa menjadi budak smartphone dan akhirnya produktifitas kita berkurang. Lebih parahnya lagi kaau kita kecanduan terhadap smartphone bisa membaayakan diri, keluarga dan dijauhi oleh mereka.

Magforwomen melansir beberapa dampak negatif yang bisa jadi telah merasuki diri kita apa saja damak negatif yang bisa mengancam para pengguna smartphone ?

Tak Banyak Menikmati Waktu
Membuka media sosial sepanjang waktu, chatting dan bermain tanpa kita sadari telah merampas waktu kita tang seharusnya bisa digunakan untuk aktifitas yang lain.

Tidak Peduli Soal Privasi
Karena anda mudah bergaul dengan siapa saja, maka banyak teman sobat yang suka curhat ke sobat tentang permasalahan yang sedang mereka alami, namunistirahat sobat akan terganggu apabila mereka curhat masalah mereka ditengah malam waktunya istirahat.

Dengan banyaknya aplikasi chatting dan push email memudahan mereka menghubungi sobat. Kalau begini pasti merasa urusan pribadi terusik kan ? Waktu yang seharusnya untuk istirahat jadi berkurang

Melewatkan Waktu Membaca
Banyak manfaat membaca. Dengan banyak membaca, maka pengetahuan kita akan bertambah. Dengan bertambahnya ilmu pengetahuan, ketika kita diajak ngobrol juga nyambung.

Selain itu dengan banyak membaca kita tidak cepat pikun karena otak kita selalu berfikir, tidak kosong. Apabila kita memilih untuk berchating, ketika merasa nyaan dalam berchatting dan bermain game, maka semangat belajar dan membaca jadi berkurang.

Semakin malas berinteraksi sosial
Akibat memikiki sartphone baru, semua komunikasi dilakukan lewat smartphone baik dari chatting, email, video call. Yang lebih parahnya lagi walaupun jarak mereka berdeatan mereka lebih memilih berkomunikasi melalui smartphone. Akibatnya interaksi sosial secara langsung antara mereka semakin jarang dan hal itu berakibat pada berkurangnya rasa emati dan simpari terhadap sesama.

Itulah dampak negatif dari smartphone yang selayaknya kita hindari. Mari kita manfaatkan smartphone dengaan bijak untuk meningkatkan kualitas diri.

No comments:

Post a Comment