Thursday, September 3, 2015

10 Trik Rahasia WhatsApp

Apalikasi WhatsApp yang lebih heboh dikenal dengan WA bagi penggunanya, ternyata memiliki fitur-fitur rahasia yang jarang dipakai kecuali oleh mereka yang suka mengutak-atik aplikasi WhatsApp. Apa saja 10 Fitur rahasia WhatsApp tersebut ?

1. Memindahkan Riwahat Chatting Ke Ponsel Baru
Sobat pemilik smartphone android dan iPhone dapat memindahkan riwayat chatingan whatsapp ke smartphone baru. Bagi sobat info download aplikasi android gratis yang ingin memindahkan chat history WhatsApp, berikut cara memindahkan chat history whatsapp ke hp baru.

Untuk backup whatsapp history tentu sobat membutuhkan MicroSD. Setelah memasukkan MicroSD ke HP, masuk ke menu->Settings->chat setting-> Backup Conversation. Setelah itu pindahkan MicroSD ke smartphone baru. Install aplikasi WhatsApp dan pilih restore. Sobat juga bisa mengambil file backup melalui folder /sdcard/whatsapp/ dan chat history dapat ditampilkan kembali di HP baru.

2. Menyembunyikan Tampilan 'Last Seen'
Fitur last seen whatsapp terlihat pada bagian atas pada layar aplikasi WhatsApp. Apabila sobat hendak mematikan fitur tersebut, maka masuklah menu Settings->Account-> Privacy. Mematikan fitur last seen artinya tidak bisa lagi melihat last seen pada WhatsApp teman.

3. Mengetahui Kapan Pesan WhatsApp Dibaca
Cara mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca atau belum dengan ceklis warna biru. Apabila ingin mengetahui lebih detail informasi pesan, tap yang lama pada kolom teks pesan, lalu klik tanda(i), maka informasi lengkap dan rinci pesan whatsapp akan disajikan.

4. Mengunci Aplikasi whatsapp
Bagi pengguna iOS untuk mengunci WhatsApp harus melakukan jailbreaking iOS terlebih dahulu. Hal ini tidak sama bagi pengguna WhatsApp untuk Android. Pengguna WhatsApp Android disediakan keamanan untuk mengaktifkan password /PIN untuk WhatsApp. Selain mengamankan dengan password/PIN, sobat juga bisa menggunakan aplikasi keamanan untuk Android seperti messenger and Chat Block, AppLock, Smart AppLock untuk mengamankan aplikasi WhatsApp.

5. Mengakses WhatsApp di PC
Agar dapat melakukan obrolan WhatsApp lewat komputer, sobat bisa mengakses fitur WhatsApp Web. Cara mengakses WhatsApp di PC yaitu membuka web.whatsapp.com lewat browser PC. Pada HP masuk opsi WhatsApp Web, lakukan scan code QR pada layar PC, setelah berhasil sobat dapat menggunakan WhatsApp di komputer.

6. Menghentikan File Gambar Pada Camera Roll
Untuk menghentikan gambar dari aplikasi WhatsApp yang muncul di album foto camera roll, sobat pengguna platform iOS bisa melakukan lewat Settings-> Privacy -> Photos -> Toggle WhatsApp Off.

Untuk pengguna smartphone Android bisa menggunakan aplikasi file manager -> sdcard/WhatsApp/Media lalu klik/tap New di folder yang sobat tidak ingin berbagi ->buat folder dengan nama yang kalian inginkan.

7. Mengaktifkan Fitur Mute Pada Percakapan Grup
Sebal dengan notifikasi grup yang terus menerus ? Tenang sob, kalian dapat mute notifikasi WhatsApp yang mengganggu tersebut. Untuk kalian yang menggunakan WhatsApp untuk iOS dapat membuka grup chat -> Group Info -> Mute. Bagi pengguna aplikasi WhatsApp untuk Android, buka Chat -> Menu ->Mute.

8. Mengembalikan Pesan WhatsApp Terhapus
Fitur rahasia WhatsApp ini berguna apabila sobat salah pencet, sehingga mengakibatkan pesan WhatsApp terhapus. Bagaimana cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus tersebut ?

Aplikasi WhatsApp melakukan Backup data setiap pukul 04.00. Cara termudah untuk merestore WhatsApp adalah dengan menguninstall aplikasi WhatsApp lalu menginstall WhatsApp kembali. Ketika proses berlangsung, sobat bisa memilih untuk memulihkan (merestore) dengan cara backup. Hal ini akan memulihkan pesan selama tujuh hari terakhir.

9. Membuat Shortcut Untuk Pesan WhatsApp
Fasilitas pembuatan fitur shortcut pesan whatsapp ini hanya terdapat untuk pengguna Android. Sobat tinggal memilih dan menekan salah satu pengguna untuk masuk ke opsi View Contack/ Email Chat. Pilihan Add chat shortcut akan mempercepat masuk ke obrolan WhatsApp

10. Cara Sebar Pesan Broadcast
Trik Rahasia WhatsApp yang terakhir adalah Cara sebar pesan untuk semua kontak whatsapp. Seperti aplikasi BBM, Fitur rahasia WhatsApp ini juga memungkinkan untuk mengirimkan pesan ke beberapa pengguna WhatsApp. Cara menggunakan fitur pesan broadcast wa untuk Android dengan cara masuk ke Menu ->New Broadcast. Untuk pengguna smartphone iOS bisa menggunakan broadcast wa dengan cara masuk Broadcast Lists pada layar Chats ->klik New List.

Itulah 10 trik rahasia WhatsApp yang bisa sobat gunakan agar aplikasi WA memberi manfaat lebih kepada sobat sekalian. Apabila sobat mengetahui fitur rahasia WhatsApp yang lain tidak ada salahnya membagikan cara dan tips menggunakan fitur rahasia WhatsApp tersebut pada kolom komentar.

Sumber : Techradar (19/05/2015)

3 comments:

  1. Terima kasih atas infonya yg bermanfaat. Saya mau tanya terkait fitur "last seen" pd whatsapp, apakah bisa diutak atik ya?? Karena saya prnah melihat tampilan last seen teman saya adalah pukul 19.20 semntara dia mengirim pesan terakhir pada pukul 22.48
    Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete