Sunday, May 31, 2015

Apa Itu Google Docs ?

Gambar : Google Docs
What is google docs ? apa itu google documents ? apabila ada diantara sobat belum mengetahui apa yang dimaksud dengan google doc, sobat termasuk orang yang beruntung karena pada postingan blog info aplikasi android kali ini akan membahas tentang aplikasi google docs.

Secara sederhana google docs (Google Dokumen) dalam bahasa Indonesia adalah aplikasi (software) pengolah kata seperti ms. word untuk komputer windows yang jamak dipakai. Bedanya kalau Google docs ini didesain untuk dijalankan pada smartphone seperti Android. Terus apa saja yang bisa kita lakukan dengan Google Docs tersebut ?

Melalui aplikasi Google Docs sobat dapat membuat dokumen, mengedit, dan bekerjasama dalam mengerjakan proyek karya ilmiah misalkan dengan sesama penulis yang memiliki kesukaan yang sama pada topik tertentu lewat ponsel atau tablet android kalian yang telah terinstall Google Docs.

Aplikasi Google docs android juga bisa digunakan untuk membuka, mengedit, dan menyimpan data dokumen yang telah sobat buat sebelumnya menggunakan Microsoft Word. Dengan begitu walaupun sobat tidak menginstall aplikasi microsoft office di Android tetap bisa membukanya menggunakan aplikasi Google Docs.

Untuk menggunakan aplikasi google docs tidak selalu harus terhubung ke internet, kare kalian juga bisa membukanya secara offline tanpa sambungan internet. Kalian juga bisa saling balas komentar dari tulisan yang kalian kerjakan bersama-sama.

Jangan khawatir terhadap kehilangan data kalian terserang virus atau hilang karena disimpan di flashdisk. Mengapa ? karena semua data disimpan secara otomatis ketika diketik

Aplikasi Google Docs dikembangkan oleh Google. Inc dan berjalan dari mulai Android 4.0. Kalau sobat masih menggunakan Android versi sebelumnya silahkan diupgrade Android kalian agar bisa menjalankan aplikasi Google Docs.

Bagaimana cara install google docs untuk Android ? untuk menginstall aplikasi google docs di Android kalian silahkan ke aplikasi google play android, ->ketik 'google docs'->buka aplikasi->install.

Istilah-istilah dalam aplikasi google docs
Ketika membuka Menu sobat akan mendapat fitur-fitur berikut :
  • Remove : untuk menghapus (delete) dokumen
  • Rename : Untuk mengganti nama file dokumen google docs
  • Keep on device : Membuat dokumen dapat dibuka secara offlinne
  • Details : Melihat informasi tambahan atau melakukan aksi lain terhadap dokumen google docs
  • Export : Terdapat empat pilihan yaitu ;
  1. Share : membolehkan orang lain untuk melihat, memberi komentar, mengedit dokumen google docs.
  2. Get Link : mengirim URL dokument ke layanan google lain atau aplikasi pihak ketiga
  3. Send a Copy : mengirim kopian dokumen ke orang lain seperti lewat email
  4. Print : menceta dokumen menggunakan Google cloud print
Apabila sobat hendak mendownload aplikasi google docs juga bisa melalui link berikut :  
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.docs.editors.docs

No comments:

Post a Comment