Monday, June 1, 2015

Macam-Macam Bootloop Dan Cara Mengatasinya

Tiba-tiba kawan datang mengatakan hp android saya kena bootloop nih, bagaimana cara mengatasinya ? bukannya mendapatkan solusi malah ditanya apa sih Bootloop itu ? Saya mah kesini cari solusi bootloop pada android saya malah ditanya apa itu bootloop?!

Itu sekedar intermezouw (bener ga ya ?) sebelum kita membahas macam-macam bootloop dan cara mengatasinya, kita bahas dulu apa yang dimaksud dengan bootloop pada Android ?

Bootloop adalah kondisi dimana kondisi handphone android tidak mau berfungsi sebagaimana mestinya seperti tidak bisa melakukan startup, sebelum sampai ke menu home Android akan merestart sendiri dan ini terjadi secara terus-menerus.

Kalau hal diatas terjadi pada Android kalian secara berulang-ulang cabut semua komponen dari baterai, dan komponen lainnya lalu diamkan Android sambil kita menenangkan diri agar tidak mengambil sikap gegabah yang akan memperparah kerusakan Android.

Setelah tenang mulailah mencari solusi dengan googling atau tanya teman teknisi Android. Penyelesaian masalah bootloop di Android tidak bisa disamaratakan. Bisa jadi metode mengatasi masalah pada ponsel pabrikan A akan berbeda dengan Android dari pabrikan B, begitu juga dengan tipe-tipe Android yang kalian pakai. Sudah paham kan sob apa itu bootloop ? Oke sekarang kita membahas macam-macam bootloop dan cara mengatasinya.

  • Bootloop ringan atau disebut android light bootloop/ light bootloop adalah kasus bootloop android paling ringan. Bootloop ini bisa terjadi ketika kita menginstall aplikasi sambil memainkan game yang membuat hp android semakin panas dan akhirnya merestart sendiri. Cara mengatasi bootloop jenis ini copotlah baterai dari smartphone dan tunggu beberapa saat hingga smartphone android kalian tidak panas dan coba pasang kembali baterainya dan hidupkan handphone android kalian. Semoga berhasil dan android berfungsi normal kembali.
  • Macam bootloop yang kedua adalah android medium bootloop/ medium bootloop. Kasus bootloop medium terjadi ketika pengguna Android berusaha mengotak-atik ponsel android, sehingga mungkin saja ada file yang terhapus sehingga tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Bagaimana cara mengatasi bootloop medium ini ? Apabila Android masih bisa  menyala, maka cara mengatasinya dengan masuk ke dalam recovery mode. Untuk mengatasi Android medium bootloop dibutuhkan pc windows dan file recovery image yang berguna untuk restore boot image, baik yang original maupun CWM. Cara ini bisa dilakukan apabila pernah melakukan backup android sebelumnya
  • Android Hard Bootloop/ hard bootloop/ hardbrick/ android bricked adalah tingkatan bootloop paling tinggi dan lebih susah mengatasinya. Hal ini terjadi karena kita memodifikasi file os Android/ rooting android/ memodifikasi /merubah script bawaan android. Apabila handphone android sudah di rooting maka tidak bisa lagi masuk recovery mode sebagaimana Android middle bootloop. Lalu bagaimana cara mengatasi bootloop jenis hard bootloop ini ? Cara mengatasinya dengan menggunakan software yang tepat dan juga cara flashing yang benar karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda-beda. Cara flashing android juga bergantung chipset pada Android.
Jenis bootloop yang mana yang terjadi pada Android kalian ? Kalau sudah pada tahap ketiga kerusakannya serahkan saja pada ahlinya daripada kerusakannya bertambah parah dan akhirnya Android masuk musium karena sudah tidak bisa dipakai lagi.


No comments:

Post a Comment