Tuesday, June 2, 2015

Mencoba Android M Developer Preview

Melanjutkan pembahasan dan berbagi pengetahuan info aplikasi android tentang Google I/O 2015. Google I/O sebagai perhelatan tahunan bagi developer android memberikan pengalaman baru bagi pengguna Android M nantinya. Apa nama resmi Android M ?

Masa preview android M sendiri masih berjalan dari Bulan Mei kemaren hingga bulan Juli nanti. Kepastian nama resmi Android M akan diumumkan pada kuartal ke-3 tahun 2015. Tepatnya ? ya itu kuartal ke-3 2015.

Apa saja fitur-fitur yang ada di Android M bisa dibaca pada pengumuman google I/O 2015. Pada postingan blog info aplikasi android kali ini akan membahas tentang Android M developer preview.

Adanya Android M developer preview tentu bermanfaat bagi para pengembang aplikasi Anndroid, agar ketika Android M resmi rilis aplikasi mereka bisa berjalan dan tidak mengalami kendala.

Selain meluncurkan versi Android M developer preview, Google juga merilis Android Studio v1.3 Preview guna membantu developer android dalam mengembangkan aplikasi android mereka.

Android studio terbaru memberikan banyak fitur yang diminta developer android, seperti Android NDK & Game developer, editor code dan debugging untuk C/C++ Code. Berdasarkan platform JetBrains Clion, plugin android studio NDK menyediakan fitur seperti refactoring dan penyelesaian kode C/C++ disamping kode Java.

Bahasa Java dan C/C++ terintegrasi ke dalam ekosistem pengembang android untuk memberikan pengalaman kepada developer android. Cara update ke Android Studio v1.3 bisa dengan Canary.

Fasilitas Android design support library merupakan cara mudah dalam mendesain aplikasi Android. Android design support library dikemas dalam satu set komponen desain utama yang cocok untuk API 7 dan dapat ditambahkan ke aplikasi Android sehingga pembuatan aplikasi android cepat selesai karena tidak harus membuat aplikasi dari awal

Bersamaan dengan rilisnya Google studio v.1.3 juga dirilis google play v7.5. Google play terbaru mencakup fitur-fitur baru mulai dari smart lock untuk password, API untuk layanan google cloud messaging, google cast untuk google maps, API untuk perangkat android wear. Lalu mulai dari mana untuk mencoba Android M developer preview tersebut ?

Untuk memulai dengan Android M developer preview ikutilah langkah-langkah berikut :
  • Update android studio ke versi1.3+preview

  • Kunjungi situs Android developer preview

  • Jelajahi dan pahami API baru dan perubahan APP Permissions

  • Eksplorasi dukungan design library dan API Google Play v7.5

  • Dapatkan emulator android melalui SDK Manager atau mendownload sistem perangkat nexus

  • Menguji aplikasi android M dengan perangkat Nexus emulator

  • Memberikan review untuk membuat pengembangan Android M lebih baik lagi.
Itulah sob cara mencoba Android M developer preview yang bisa kalian ikuti step-step yang ada untuk mengembangkan aplikasi android yang kalian miliki sekarang agar bisa berjalan pada android M ketika resmi diluncurkan nanti.

Sumber :  Android developer

No comments:

Post a Comment