Wednesday, May 11, 2016

Ancaman Malware Viking Horde

Gambar : cnet
Apa yang teringat ketika ada orang berkata viking ? Suporter klub sepak bola persib atau viking salah satu nama suku bangsa Skandinavia ? Sayang viking hordeyang ini adalah sebuah varian malware android terbaru yang mengancam pengguna Android.

Malware viking horde menginfeksi sejumlah aplikasi yang ada di google play store seperti viking jump, parrot copter, memory booster, simple 2048 dan wifi plus.

Perangkat android yang berhasil diinfeksi akan dijadikan botnet malware viking horde, sehingga
pemilik malware dapat melakukan dan memerintahkan perangkat android sesuai keinginan dia seperti melakukan serangan Distributed Denial of Service (DDoS).

Selain melakukan serangan DDoS, malware viking horde juga mampu melakukan penipuan iklan dengan cara memaksa pengguna smartphone untuk meng-klik iklan yang muncul. Tentu saja tujuan dari klik iklan tersebut menambah penghasilan bagi pembuat malware viking horde. Malware viking horde pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan check point.

Malware viking horde tidak hanya menyerang ponsel yang sudah di root, smartphone android yang tidak di root pun juga memiliki potensi untuk diserang, meskipun tentu yang sudah di root memiliki resiko terinfeksi malware lebih besar.

Sebagian besar aplikasi yang berhasil disusupi malware viking horde tersebut masih aktif di google play store. Semua aplikasi yang terinfeksi memiliki rating rendah yang mungkin disebabkan oleh permintaan aplikasi ke root android.

Semoga selamat dari serangan malware viking horde yang sedang menjalan saat ini.

Sumber : viking

No comments:

Post a Comment