Tuesday, May 10, 2016

Apa Itu Google Play Services Dan Apa Manfaatnya ?

Postingan info aplikasi android akan berbagi tentang aplikasi yang secara langsung dibenamkan kedalam sistem operasi android sehingga ketika menyalakan smartphone android otomatis aplikasi google play service telah ada didalamnya tanpa perlu meminta persetujuan dan tanpa perlu menginstall aplikasi google play service. Bagi sobat Android yang belum tahu apa itu google play service, begitulah sedikit penjelasan tentang apa google play service tersebut. Lalu apa manfaat aplikasi google play service tersebut ?

Aplikasi google play service berfungsi untuk melihat update android secara reguler, ijin yang dibutuhkan sebuah aplikasi ketika hendak diinstall di smartphone android, google play service juga bisa digunakan untuk mengakses sensitif log data, mengakses semua informasi yang ada dalam daftar aplikasi android.

aplikasi Google play service membantu programmer android untuk membuat aplikasi android, memungkinkan komunikasi antar aplikasi dan memastikan lebih sedikit aplikasi yang bergantung pada update OS Android untuk menjalankannya.

Fakta yang harus diketahui bahwa google play service merupakan revolusi kecil dalam smartphone. Sebagai contoh aplikasi google maps, sebelum adanya google play services, aplikasi google maps diupdate mengikuti jadwal update dari android OS, sedangkan para operator dan perusahaan handset android kadang lambat dalam menerapkan update terbaru android ke andrpid produksi mereka. Dengan adanya Google Play Service update aplikasi android otomatis dapat dilakukan dengan adanya google play service tersebut.

Google play service merupakan perubahan pada sistem operasi android yang datang bersama android 4.3dan terus tumbuh dengan update Android terbaru apalagi setelah Android Lollipop dan Marshmallow dan yang akan datang Android N.

Sebagai aplikasi bawaan Android, mungkinkah untuk uninstall aplikasi Google play services ? Sebagai aplikasi default pada Android, maka tidak mungkin untuk uninstall aplikasi google play services namun sobat bisa menonaktifkan aplikasi google play service tersebut dengan cara ke Settings >Applications>All>Google Play Services>Disable apabila tidak menyukainya.

Apabila cara disable aplikasi google play services diatas tidak bisa coba lakukan cara berikut : pergi ke menu Settings>Security>Device Administrators> disable android device manager.

Mengapa sebagian pengguna Android memilih untuk menonaktifkan aplikasi layanan tersebut ? Salah satu alasan adalah karena aplikasi Google play services mengonsumsi 5% dari daya baterai android. Dan yang lebih parah lagi akan mengkonsumsi 80-90% daya baterai yang biasanya timbul setelah update sistem operasi Android. Alasan yang lain adalah masalah metidak cocokan antara versi Android dan google play services.

Apabila sobat mendapati masalah seperti diatas pada hp android kalian lakukan cara-cara berikut :
  • Menonaktifkan Google play services
  • Hapus update dari Google play services dengan cara ke manu Settings>Applications>All>Google Play Services>Uninstall updates. Kalau cara uninstall update Google play services tersebut tidak bisa coba dengan cara berikut terlebih dahulu sebelum menjalankan proses diatas, yaitu dengan cara menuju menu Settings>Security>Device Administrator dan disable Android device manager terlebih dahulu.
  • Mendisable sinkronisasi data Google dengan cara ke menu Settings>Account> tekan tombol menu (titik tiga) dan nonaktifkan Auto-sync data.
Semoga penjelasan diatas bisa menambah wawasan tentang apa itu google play services beserta manfaatnya dan bisa memecahkan masalah pada aplikasi google play services di android tanpa harus pergi ke konter.

No comments:

Post a Comment