Wednesday, October 8, 2014

Mengenal Android SDK

Apabila teman-teman hendak membuat aplikasi untuk Android, alangkah lebih baiknya mengenal SDK Android agar lebih cepat pembuatan aplikasi Android. Apa kegunaan Android SDK tersebut ?

Android Software Development Kit atau disingkat Android SDK merupakan tool/ alat yang digunakan para developer android yang bermanfaat dan memudahkan mereka dalam membuat aplikasi untuk OS Android.

Android SDK mencakup keseluruhan bagian yang memudahkan para developer untuk membuat dan mengembangkan aplikasi HP Android. Android SDK meliputi juga debugger, libraries, emulator android yang berbasiskan OEMU, dokumentasi, contoh kode, dan panduan untuk membuat aplikasi Android.

Walaupun Android dibuat menggunakan kernel linux, pengguna windows juga bisa menggunakan Android SDK untuk membuat aplikasi Android di Windows 7, windows 8, windows xp, bahkan nanti pasti juga juga dikembangkan Android SDK untuk windows 10.

Fasilitas Android SDK bertambah sesuai dengan perkembangan platform Android secara keseluruhan. Android SDK juga memdukung Android versi lama seperti Android Froyo bagi pengembang android yang menargetkan aplikasinya bagi Adroid lawas.

Setelah pengembang Android selesai membangun dan membuat aplikasi Android, pekerjaan setelah itu adalah mengemas aplikasi Android tersebut ke dalam bentuk .apk file agar bisa digunakan bagi pengguna smartphone Android.

Pengguna Android yang menginstal aplikasi maka aplikasi yang diinstalnya disimpan di folder /data/app. Untuk alasan keamanan folder tersebut hanya bisa diakses oleh administrator user.

No comments:

Post a Comment