Sunday, October 19, 2014

Cara Menghindari Malware Android

Gambar : thedroidguy.com.


Operating System Android yang menguasai 85% pasar smartphone menurut Strategy Analytics pada rilisnya untuk kuartal 2 tahun 2014 tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pembuat malware. Hal ini sesuai dengan pepatah banyak gula banyak semut. Lalu bagaimana cara menghindari malware pada Android ?

Google sebagai pemilik Android sebenarnya telah menetapkan langkah-langkah keamanan bagi penggunanya melalui layanan google play store sebagai tempat aman untuk mengunduh aplikasi-aplikasi tambahan bagi pengguna Android. Walaupun Google telah menerapkan sistem keamanan pada aplikasi android kalau penggunanya ceroboh dan tidak hati-hati gampang terserang malware pada smartphone android mereka. Berikut beberapa cara agar terhindar dari serangan malware android

Cara pertama agar terhindar dari malware android yaitu
hanya menginstall aplikasi langsung dari google play store. Dengan mendownload langsung dari play store google kemungkinan terinstalnya aplikasi yang berisi malware lebih kecil.

Apabila smartphone kalian tidak terdapat play store, downloadlah dari sumber yang terpercaya seperti bagi pemilik android galaxy samsung ada Galaxy apps, Nokia Store, Amazon App Store.

Kalau hendak menginstal aplikasi android .apk langsung dari handphone, carilah review dan ulasan dari beberapa situs tentang keamanan aplikasi yang akan diinstal langsung di Android agar tidak terjebak menginstall aplikasi yang berisi malware.

Lihatlah permintaan aplikasi ketika hendak diinstal, apabila aplikasi tersebut meminta permission yang tidak sesuai dengan kegunaannya patut dicurigai bahwa aplikasi tersebut mengandung malware.

Jangan tergiur dengan aplikasi bajakan yang sebenarnya aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbayar. Jangan sampai aplikasi berbayar tidak dapat malah android kalian terinveksi malware.

Lebih baik hati-hati dalam memilih aplikasi yang akan diinstal di android, jangan mudah tergiur bujuk rayu yang tidak masuk akal. Walaupun Google telah menambahkan sistem keamanan pada aplikasi androidnya, namun kita sebagai pemilik Android tetap memiliki peranan penting untuk menjaga android kesayangan kita dari serangan malware.

Punya cara lain untuk menghindari malware pada android ? jangan ragu untuk menambahkannya pada kolom komentar kawan biar berguna bagi pemilik android yang lain.

No comments:

Post a Comment